Entri Populer

Kamis, 30 Oktober 2008

Antara Wanita dan Kaki Indah

PENAMPILAN seseorang tak hanya tergantung dari wajah yang cantik, mulus, dan kulit putih. Karena tiap jengkal dari tubuh kita juga perlu perhatian, selain kesehatan juga keindahan. Salah satu bagian tubuh yang acap kali mendapat perhatian khusus karena menjadi pendukung penampilan adalah kaki.

Kaki tak sekadar perlu sehat sehingga mampu membawa melangkah ke mana saja tujuan yang diinginkan. Perawatan kaki untuk keindahan penampilan juga perlu, kok! Karena banyak masalah yang bisa timbul gara-gara kurang peduli terhadap kesehatan kaki.

Sebut saja kaki yang lelah mungkin karena kelebihan berat badan sehingga tidak mampu menopang, aktivitas yang berlebih dan pemakaian alas kaki yang kurang sesuai. Problem lainnya juga kerap ditemui seperti kaki kering, kapalan, berbau, tidak sedap, berkeringat, berjamur, mata ikan serta tumit pecah-pecah. Wah, kalau sudah begini bisa saja bikin pede berkurang.

Seperti dikatakan dr Lilik Liana, pakar kecantikan di Banjarmasin, ada beberapa problem kaki yang sering dihadapi. Di antaranya varises, kaki kapalan dan pecah-pecah, jamur kulit kaki dan kuku kaki.

"Ada juga masalah kaki lainnya seperti kaki kering, kaki berkeringat, tungkai kering, kuku yang rapuh, dan kutil serta mata ikan di kaki," jelas Lilik.

Varises adalah masalah kesehatan yang disebabkan pembuluh kaki yang membesar atau timbul. "Secara estetika varises sangat mengganggu, karena penampilan kaki jadi tidak indah lagi. Di mana kaki terlihat dengan pembuluh darah yang timbul berwarna kebiru-biruan/kemerahan yang biasa berbentuk seperti jala atau seperti ular," katanya.

Selain itu, varises bisa menimbulkan rasa pegal pada kaki penderita, terutama kerap terasa pada malam hari. Rasa pegal ujar Lilik akan terasa setelah berjalan lama.

Ada beberapa cara dalam dunia kecantikan untuk membantu meringankan keluhan dan mengembalikan keindahan kaki.

"Pertama, bisa lewat penyuntikan bahan yang dapat mengkoagulasi pembuluh darah sehingga varises tersebut hilang atau mengecil," ungkap pemilik klinik kecantikan dan kesehatan itu.

Juga bisa dilakukan lewat laser long pulsed, untuk mematikan pembuluh darah yang masih berwarna kemerahan.

"Dengan perawatan yang berulang laser ini sangat membantu segi keindahan kaki atau pun paha pada penderita," cetus ibu dua anak ini.

Cara lainnya untuk menghilangkan varises juga bisa lewat operasi yang dilakukan dengan mengangkat pembuluh darah. Kalau khawatir lewat proses bedah, ada juga cara yang lebih simpel untuk menangani keluhan varises. Yakni menggunakan produk yang mengandung rosemary.

"Caranya, dengan merendam kaki yang dapat melancarkan peredaran darah dan memberi rasa rileks," ungkapnya.

Untuk kaki kapalan dan pecah-pecah (cracked skin) ada beberapa cara. Pertama, menghindari penyebab dari kelainan ini. Misalnya pemakaian sepatu/sandal kulit yang bisa bikin alergi. Maka, harus dihindari pemakaian bahan alas kaki kulit dan menggantinya dengan kayu atau kain.

"Selanjutnya kita harus menjaga kebersihan dan kelembaban kaki. Misalnya melakukan perawatan kaki dengan produk-produk khusus untuk kaki seperti gehwol," tambahnya.

Perawatan kaki pecah cara ini dengan mengamplas menggunakan alat khusus untuk kaki, sehingga kulit mati tersebut hilang. Setelah itu ujar, Lilik dioleskan cream-cream untuk kaki pecah.

"Bisa juga merendam kaki dengan air rendaman yang mengandung thyme oil untuk melembutkan dan menghaluskan kulit kaki yang kasar dan kapalan. Atau mengandung spike dan lavender untuk membersihkan kaki secara mendalam," ungkap Lilik.

Cara ini tak hanya mampu membersihkan tapi juga membuat kulit kaki terasa lembut dan lembab. Karena cream yang digunakan mengandung lanolin untuk mengatasi kekeringan yang cukup parah, menjaga kelembaban kulit dan mengandung pro vitamin D untuk menjaga kulit agar tetap baik. Nah, sekarang Anda sudah siap tampil dengan kaki indah.

Tidak ada komentar: