Entri Populer

Kamis, 30 Oktober 2008

Archive for the ‘Kulit’ Category

Kulit Kering, Siapa Takut?

ada bang Agen

Kulit kering hampir tak pernah terlihat mengilap, melainkan cenderung kusam. Terutama di pagi hari, kulit terasa lebih kencang serta terkadang kulit di sekitar hidung sedikit terkelupas.

Jenis kulit ini cenderung sensitif dan mudah teriritasi, apalagi bila berada di udara dingin ataupun menggunakan kosmetik berkadar alkohol tinggi. Kelebihan kulit kering, riasan bertahan lebih lama serta jarang berjerawat.

Pembersih
Bersihkan wajah dua kali sehari, pagi dan malam hari menjelang tidur. Gunakan pembersih berformula khusus kulit kering, yang kadar kelembapannya tinggi. Setelah itu, bersihkan sisa pembersih dengan air. Sebisanya hindari penggunaan sabun yang kadar PH-nya tinggi karena menyebabkan kulit makin kering.

Penyegar
Gunakan tonik berkadar alkohol ringan, sebagai penyegar untuk kulit yang kering.

Pelembap
Pelembap pasta atau krim, biasanya mengandung minyak lebih banyak, sehingga dapat membantu melembapkan kulit yang kering. Pemakaian pelembap ini seyogianya dikenakan sehabis mandi, meskipun Anda di rumah saja. Jika berada di luar ruangan, lindungi kulit wajah dengan sunscreen, untuk menghindari kekeringan dan iritasi. Jangan sesekali berada di bawah matahari dengan kulit "telanjang".

Scrubbing
Pengampelasan untuk kulit kering cukup dilakukan dua minggu sekali, dengan memakai scrubber berbutir halus dan lembut. Jika kulit sedang tidak dalam kondisi normal, hentikan pemakaian scrubber untuk beberapa waktu.

Masker
Cukup ideal jika dilakukan seminggu sekali. Jika ingin memakai masker tradisional, Anda bisa menggunakan ramuan buah alpukat yang telah dihancurkan, madu, atau juga kuning telur, yang dioleskan ke seluruh wajah. Biarkan ramuan ini sesaat, kemudian bersihkan dengan air panas suam-suam kuku.

Krim Malam
Sebaiknya digunakan terutama bila berada di daerah yang dingin atau ruangan ber- AC. Sama halnya dengan jenis kulit yang lain, pemakaian krim malam, sebaiknya dimulai pada usia 20-an. Pemakaian yang teratur sejak usia muda, dapat pula menunda datangnya keriput, yang biasanya lebih cepat terjadi pada kulit kering. Gunakan produk yang mengandung kadar kelembapan atau minyak yang cukup tinggi (oily)

Tata Rias
Pastikan dulu kulit sudah dalam kondisi yang lembap dan tidak kesat lagi untuk memudahkan memakai dasar bedak. Dasar bedak yang berbentuk krem atau stik, biasanya punya kandungan minyak lebih banyak. Ini baik digunakan untuk kulit yang kering, sehingga riasan tidak pecah.

Setelah olesannya rata, bubuhkan bedak padat (pressed powder). Bila ingin lebih praktis lagi, gunakan two way cake (bedak sekaligus foundation), yang disapukan dengan spons basah, agar riasan bertahan lebih lama.

Sebagai sentuhan akhir, gunakan shimmering powder, bedak berefek berkilau, yang membuat wajah lebih cerah. Caranya, tepuk-tepukkan keseluruh permukaan wajah dengan tepukan bedak atau puff. Atau dapat juga gunakan perona yang mengandung glitter untuk penonjolan di beberapa bagian, terutama mata atau pipi.

kayak nya tuh aja deh ????


Tidak ada komentar: