Entri Populer

Selasa, 09 September 2008

Berikut ini kami sajikan beberapa tip agar Anda tetap segar dan bertenaga. Supaya Anda tetap cantik.

Atur pola makan dan minum

Agar tubuh tetap prima dan tetap segar selama menjalankan ibadah puasa, pola makan minum pada saat sahur dan berbuka puasa perlu diperhatikan. Konsumsilah makanan yang bergizi. Makanan yang mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral.

Minum air putih yang banyak

Untuk mencegah dehidrasi, perbanyak minum air putih. Minum air putih pada malam hari, dimulai sehabis berbuka. Hal ini berguna untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh. Jangan mengonsumsi minuman bersoda karena dapat memberikan efek tidak baik pada perut.

Selain itu, jangan langsung minum air dingin atau es. Sebaliknya, biasakanlah berbuka dengan minuman yang hangat. Perut Anda yang kosong bisa menjadi kembung bila Anda langsung berbuka puasa dengan air dingin. Air dingin membuat asam lambung dalam tubuh semakin banyak.

Supaya lambung tidak "kaget", sebaiknya setelah berbuka jangan langsung menyantap makanan berat. Beristirahatlah kurang lebih satu jam. Setelah itu baru makan makanan yang berat. Dengan demikian kerja lambung pun tidak terlampau berat. Untuk meringankan proses pencernaan, kunyah makanan dengan baik sehingga mudah dicerna.

Olahraga

Hindari sikap bermalas-malasan dengan tetap aktif melakukan kegiatan sehari-hari termasuk berolahraga. Aktivitas justru dapat merangsang pengeluaran hormon-hormon antiinsulin yang berfungsi melepas gula darah dari simpanan energi sehingga kadar gula darah tidak menurun hingga Anda dapat tetap bugar sepanjang hari. Olahraga yang dapat dilakukan, misalnya, jalan, jogging, bersepeda atau senam.

Tidur yang cukup

Usahakan agar Anda cukup tidur. Mengapa? Agar sel-sel otot dan organ tubuh dapat pulih kembali. Tapi Anda juga jangan terlalu banyak tidur karena hal ini akan menyebabkan tubuh Anda menjadi loyo, kulit wajah kering dan tidak segar.

Konsumsi buah

Agar kelembapan kulit wajah dan bibir tetap terjaga, pada saat berbuka maupun sahur sebaiknya Anda mengkonsumsi buah-buahan segar yang mengandung vitamin C dan E. Kurangnya cairan pada tubuh akan mengurangi kelembapan kulit. Karena itulah diperlukan pelembap tubuh yang mengandung vitamin E untuk melindungi kulit dari sinar matahari langsung, polusi, dan penyejuk ruangan.

Bersihkan wajah

Bekerja seharian bisa membuat tubuh menjadi lelah, wajah terlihat kuyu dan tidak segar. Untuk kembali menyegarkan kulit wajah, bersihkan kotoran dan sel kulit mati dengan susu pembersih, lalu oleskan pelembap dan tabir surya sebelum melakukan aktivitas di luar rumah. Dengan cara tersebut, pada umumnya, wajah akan kembali berseri, segar, dan tampak sehat.

Tidak ada komentar: